Keluarga Kistijantoro

Friday, January 28, 2005

Piii - miii..

"What's in the name?, Here too the rose smells the same", kata Juliet-nya Shakespeare. Atau orang indo bilang: gula dikasih nama apa pun tetap saja manis. Hm..

Yang jelas, untuk anak kecil, pengenalan nama dan konsep yang benar tentu saja penting. Tempo hari, si mama sering mengingatkan supaya saya memanggil Alisha dengan namanya, bukan dengan sebutan "Nak", "Cinta" atau "baby...". Saat itu, memang penting supaya Alisha mengenal namanya sendiri. Atau kadang Alisha suka meniru memanggil saya dengan kata "Maasss". :). Tapi tidak lama, sebentar kemudian ia kembali mengucapkan: "Baapaaaakk..", dengan suara khasnya yg dihalus-haluskan manja (susah menuliskannya di sini, soalnya iramanya khas Alisha).

Ada beberapa kata yang yang sudah khusus untuk arti tertentu. Misalnya, kata "Mi'", yang artinya mimik, maksudnya jika dia ingin minum ASI. Untuk minuman lainnya, Alisha diajarkan untuk menggunakan kata "Num" (minum) atau "Jus" (juice). So far so good. Tapi yang repot, saat ini kata "Mo" punya banyak makna. Dia bilang "mo" (mau) saat ingin sesuatu yang tidak bisa diambilnya sendiri. Kadang kalo Alisha pegang makanan, dia memberinya ke kita sambil bilang "mo", maksudnya minta disuapin. Di lain waktu, saat memberikan barang yg dipegangnya sambil bilang "mo", yang dimaksudkannya adalah minta dipegangin, karena dia ingin mengambil sesuatu lainnya. Arti "mo" yang terakhir, adalah 'lagi'(again, more). Misalnya kalau saya melakukan sesuatu yang dia suka, seperti melompat-lompat, Alisha akan teriak: "Mo, mo, mo". Hm.., mungkin butuh waktu untuk membedakan kesemua arti "mo" tersebut dan mengenalkan kata baru untuk menggantikannya.

------

Kemarin, Alisha terlihat seperti sedang membuang air besar. Si mama bertanya, "Alisha e'-e'?". "Iyah" jawabnya. Alisha memang sudah mengerti kata itu berarti buang air besar atau passing wind. Mendengar jawabannya, si mama mendekat ke Alisha untuk mengganti pampers. Si Alisha bukannya menurut, malah tertawa sambil lari menjauh. Akhirnya setelah puas kejar-kejaran di kamar, tertangkaplah Alisha oleh si mama. Namun, Alisha malah tertawa keras. Pas dicek, ternyata tidak ada bau apa2, alias tidak e'-e' sama sekali.

------

Tadi pagi, pas nonton TV, Alisha teriak "house, house". Di TV memang lagi ada gambar kuda. "Itu horse nak", kataku membetulkan. "Hos, hos", ucapnya mengikutiku. Beberapa saat kemudian, dia kembali teriak: "Piimii.. piimiii". "bukan nak, itu monkey. Mon - key". "Pii-miii", kembali Alisha mengulang kata-katanya. "Monkey. Mon.. key", ucapku lagi. Ia terdiam sebentar. "Nooo. Piimiii", katanya bersikeras. Hm..., gimana ya..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home