Keluarga Kistijantoro

Wednesday, January 12, 2005

bobok


bobo di jalan
Originally uploaded by kistijantoro.
Satu hari, kawan saya bertanya, apakah Alisha masih tidur bersama kami. Ketika dijawab iya, kawan saya tadi langsung bilang: you spoiled her!.

Memang, umumnya masyarakat sini membiasakan anak tidur di kamar sendiri dari sejak kecil, bahkan sejak masih berumur 1 bulan. Menurut kawan saya, hal ini membuat mereka lebih mandiri, dan yang lebih penting lagi, sang ortu tidak repot! Si bayi diberi minum botol sebelum tidur, dan mungkin diberikan kempeng selama tidur. Sepanjang malam, dia akan tidur tenang, katanya.

Sejak lahir sampai sekarang, Alisha masih satu bed dengan kami. Alisha yang masih minum ASI, lebih mudah dibobokkan kalo tidur bersama kami. Tempat tidur yang terpisah malah membuat si ibu repot bolak-balik untuk menidurkan Alisha.

Di sisi lain, memang Alisha jadi lebih susah untuk tidur sendiri. Biasanya, kalo Alisha belum benar-benar tidur, dia sering ngintip, untuk memastikan kami masih ada di sebelahnya. Tadi pagi, dua kali saya mencoba mengendap-endap keluar dari kamar, dua kali pula Alisha bangun, dan protes.

Bangun yang pertama, gara-gara ibunya keluar kamar. Ketika saya tenangkan, akhirnya Alisha tidur di atas kaki saya. Setelah ia terlelap, pelan-pelan saya geser kaki, dan perlahan keluar kamar. Baru saja keluar kamar, sudah terdengar suara tangisnya. Terpaksa balik lagi masuk kamar. Kali ini, Alisha tidur sambil memegang baju saya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home