Keluarga Kistijantoro

Friday, May 21, 2004

Magic Box..

Ada satu box ajaib yang bisa membuat Alisha terpana. Gak peduli dia lagi makan, lagi main atau lagi jingkrak-jingkrak, kalo berhadapan dengan box ajaib tersebut, Alisha bisa terdiam, tenang. Tentu saja, box ajaib ini bisa bermanfaat jika orang tuanya ingin sedikit berleha-leha. Kasih saja box ajaib, kemudian kita bisa sibuk dengan pekerjaan lainnya.

Namun sayangnya, box ajaib ini berbahaya. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa anak2 dan bayi yang berhadapan dengan box ini lebih dari 1 jam sehari, bisa mengakibatkan bayi tersebut pasif dan tidak bersosialisasi. Belum lagi efek negatif lainnya seperti kekerasan, agresif, kegemukan dan emosi yang tidak stabil dan lain-lainnya.

Hm, pasti udah pada bisa nebak apa box ajaib ini. Dan pasti banyak pula yg udah tau efek negatifnya. Tapi kenyataannya, memang masih banyak di antara kita yg tidak bisa lepas dari box yg di sini sering disebut sebagai "telly", ato bahasa indonesianya "tipi". Gimana enggak, box ini bisa jadi baby sitter yg efektif. Sehingga kl mo ngasih makan misalnya, supaya Alisha gak kemana2, paling gampang ya disetelin "telly".

Ini bukan berarti kami membiarkan Alisha nonton telly lho. Masak tega membiarkan anak jadi pasif seperti itu. Paling enggak, jangan sampai tiap hari dia nonton. Cukup kadang2 saja, misalnya buat nonton Noddy ato teletubbies. Selebihnya, ya memang tugas kami untuk jadi menemani bermain. Mo gimana lagi. :) Asik-asik aja kok....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home