Keluarga Kistijantoro

Saturday, October 25, 2014

Hoverboard

Dua minggu lalu, hilmi nonton ulang film Back to the Future, ketiga-tiganya. Setelah itu, sibuklah hilmi mencari info di google tentang hoverboard.

"Pak, nanti pas hilmi ulang tahun, hilmi minta ini ya..", sambil menunjukkan video ini: https://www.youtube.com/watch?v=A4vE_vpkr90

"Hoverboard udah ada mulai tahun 2015 ..", tambahnya.

 "Kok dedek tau tahun 2015 udah ada?" 

"Iya, di film back to the future dibilang mulai tahun 2015.."

Hmm...

Hilmi menunjukkan link lain yang bilang kalo hoverboard udah ada yang jual di US, dan meminta agar dijanjikan akan dibelikan hoverboard saat ulang tahun.

 "Dek, kayaknya belum ada deh hoverboard dalam waktu dekat ini.. kan teknologinya masih belum ada ..". Saya mencoba menjelaskan bagaimana benda bisa melayang menggunakan magnet, dan bagaimana magnet bisa dibangkitkan oleh listrik. Soal magnet, hilmi memang pernah mainan magnet, dan paham kalo magnet dengan kutub sama saling menolak. Tapi soal magnet bisa dibangkitkan dari listrik, ini baru buat hilmi. 

Sibuklah hilmi mencari info di google tentang elektromagnetik..

 Besoknya, di komputer ada dokumen buatan hilmi, yang berisi catatan tentang elektromagnetik: "Rumus Elektromagnetik. E = Hf, dimana E adalah energi foton, H adalah konstanta planck ... " 


Note: 1 minggu kemudian (minggu lalu) di berita muncul ada project kickstarter yang menawarkan akan mengembangkan teknologi hoverboard yang akan dijual dengan kisaran USD 10000 ( http://www.theguardian.com/technology/2014/oct/21/marty-mcfly-hoverboard-available-on-kickstarter). Mudah2an hilmi gak nagih minta dibeliin ini..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home